Sabtu, 16 Januari 2016

kamu cegukan, nih cara menghilangkannya

Cara Menghilangkan Cegukan

dengan Metode Bernapas dan Menelan


1
Bernapas sebanyak yang Anda bisa. Tanpa membiarkan udara ke luar, telan. Jika Anda dapat bernapas sedikit, lakukan. Teruskan menelan dan menarik napas sampai Anda tidak bisa menelan atau menarik napas lagi.
  • Ketika Anda benar-benar tidak mampu menelan lagi, buang napas panjang dengan cara yang terkontrol. Napas Anda akan kembali seperti biasanya.  
2
Coba metode menelan dengan mulut terbuka. Buka mulut Anda dan biarkan terbuka selama beberapa menit. Jika Anda ingin menelan, lakukan, tetapi cobalah untuk memisahkan bibir Anda ketika melakukannya.
  • Teruskan menelan setiap beberapa detik, terutama ketika Anda merasa cegukan akan muncul. Beberapa cegukan mungkin berhasil lolos, tetapi dengan menelan secara terus menerus, seharusnya cegukan akan hilang dalam waktu 3 menit.
  • Pastikan Anda tidak mengenakan apa-apa yang ketat di sekitar dada. Jika ya, longgarkan.
3
Bayangkan bernapas dengan figur angka delapan. Saat napas yang keluar mencapai ujungnya, lambatkan pernapasan dan balikkan sehingga menjadi pernapasan dalam. Kemudian buatlah figur delapan pernapasan berkelanjutan.
  • Cegukan akan mereda dengan segera. Biasanya akan membuahkan hasil dalam 10 kali.
  • Cara lain untuk memvisualisasikan hal ini adalah menarik napas sebanyak yang bisa Anda tahan, lalu hembuskan semua kecuali sedikit udara. Terus lakukan hal ini selama 15-20 detik, atau sampai cegukan hilang.
4
Coba regangkan diafragma Anda. Bernapas perlahan sampai Anda merasa seperti Anda tidak sanggup menarik napas lagi, berusaha untuk merasakan napas yang memanjang hingga ke perut Anda. Anda sedang mencoba untuk meregangkan diafragma untuk menahan cegukan.
  • Tahan napas selama 30 detik. Buang napas perlahan sampai paru-paru Anda kosong. Ulangi 4 sampai 5 kali atau sampai Anda merasa lebih baik.
5
Gunakan lidah dan telinga. Menarik dan menghembuskan napas sekali secara perlahan. Saat Anda mengeluarkan napas, dorong udara ke luar sebanyak yang Anda mampu (sampai tubuh Anda memaksa untuk menarik napas lagi). Kemudian, tarik napas dalam dan julurkan lidah. Tahan napas dan hidung selama 40 detik dengan jari-jari Anda menutup telinga.
  • Hembuskan napas perlahan. Jika Anda merasa seolah-olah ini tidak akan membuahkan hasil, coba lagi. Lagi pula, mantranya bekerja setelah yang ketiga kali.
6
Stimulasi pernapasan. Ambil napas dalam-dalam dan tahan. Selagi melakukannya, tutup hidung dan mulut Anda. Sekarang mulai menggerakkan diafragma seolah-olah Anda bernapas dan menghembus dengan cepat.
  • Buang napas setelah cegukan hilang atau Anda membutuhkan lebih banyak udara. Ulangi jika cegukan masih terjadi.


sumber : id.wikihow.com

0 komentar:

Posting Komentar