Senin, 11 Januari 2016

sejarah website

Sejarah website

1. Web 1.0  ( 1989 - 2000 ) 

Pada masa ini ciri cirinya yaitu halaman website masih statis . Butuh pemahaman bahasa program web untuk mengubah dan membuat website tersebut , tetapi tujuannya untuk memebrikan informasi masih tetap tercapai.

Masih murni dalam penggunaan bahasa HTML saja ( tidak ada CSS atau lainnya ) , jadi pengunjung hanya bisa browsing dan read saja  sehingga terjadinya kekurangan interaksi antara pemilik website dengan pengunjung .

2. Web 2.0 ( 2001 - 2010 ) 

Pertama dikenalkan oleh O'really pada tahun 2003 dan dipopulerkan pada 2004 . Pada masa ini website sudah bisa mendukung fasilitas seperti photo sharing , blog , video sharing , media sosial , sehingga tercipta hubungan yang kompleks antara pemilik website dengan pengunjung .

Teknologi ajax dan berbagai plug-in sudah tersedia sehingga website bisa menjalankan aplikasi layaknya aplikasi desktop seperti drag n drop , persentasi dan pengolah kata seperti google docs .

3. Web 3.0 ( 2011 - Sekarang ) 

Sebenarnya konsep dari web 3.0 ini sudah diperkenalkan oleh Tim Barners Lee pada 2001 . Pada artikelnya dia menulis bahwa pada masa datang mesin pun akan bisa menbaca halaman halaman web , mungkin seperti yang kita temu sekarang yaitu Search Engine .

Penekanan pada web 3.0 ini juga pada pencarian data yang dimana manusia bisa berkomunikasi dengan mesin . Dimana user bisa memberikan perintah kepada mesin untuk mencari web lainnya sehingga tidak mengahbiskan waktu memeriksa website satu per satu , ya seperti Search Engine .

sumber : kizeh.com

0 komentar:

Posting Komentar